LARAS Online; Website G2C Pada Pemerintahan Kabupaten Bogor

E-government

Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Selain untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan keuntungan tersendiri bagi manusia. Salah satunya dalam bidang pemerintahan. Kegiatan tersebut bisa kita lakukan dengan bantuan media internet sehingga dapat memberikan beberapa kelebihan yang pastinya menguntungkan untuk kita. Salah satunya yaitu e-government.

E-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah yang berujuan untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. Ada beberapa model penyampaian yang utama yaitu, Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik terhadap pelayanan publik.

Kondisi e-government di Indonesia menempati peringkat 29 dari 63 negara di dunia hasil pengukuran yang dilakukan Waseda University pada tahun 2015. Ini merupakan suatu peningkatan dari tahun sebelumnya, karena pada tahun 2014, Indonesia menempati peringkat 32 dari 61 negara di dunia.


LARAS (Layanan Resmi Aspirasi) Online merupakan salah satu contoh website G2C dari pemerintah Kabupaten Bogor. Berdasarkan pengalaman saya yang telah menggunakan website LARAS Online, pengunjung yang ingin memberikan kritik, saran, pertanyaan, ataupun pengaduan, diharuskan memiliki akun terlebih dahulu dengan mengkllik "DAFTAR DISINI" pada halaman beranda website untuk melakukan pendaftaran pembuatan akun.

Halaman Beranda

Kemudian akan tampil halaman pendaftaran yang berisi form data diri yang harus diisi dengan lengkap. Dibawah ini merupakan contoh dari pendaftaran yang telah saya lakukan. Setelah semuanya terisi dengan lengkap, tekan tombol "Submit" untuk memproses pendaftaran akun.

LARAS Online
Halaman Pendaftaran

Maka selanjutnya akan muncul pesan yang memberitahukan untuk segera melakukan aktifasi akun melalui pesan yang telah dikirimkan ke alamat email yang telah didaftarkan.

LARAS Online
Pesan Pemberitahuan

Berikut ini merupakan pesan yang telah dikirimkan ke email saya. Untuk melakukan aktifasi akun, maka klik "Aktifkan Akun Saya".

Pesan  Email Aktifasi

Setelah itu, kita akan diarahkan ke website LARAS Online dan website akan menampilkan pop up yang menerangkan bahwa akun kita telah aktif.

Pop up Aktifasi

Kemudian, silahkan log in dengan akun yang telah berhasil dibuat untuk mengirimkan kritik, saran, pertanyaan, ataupun pengaduan.

LARAS Online
Proses Log in

Setelah berhasil log in, lalu pilih tab "KIRIM PENGADUAN" pada halaman website dan silahkan isi form yang tersedia dengan aspirasi anda. Dibawah ini merupakan contoh aspirasi saya terkait pengaduan terhadap jalan rusak yang berada tidak jauh dari tempat tinggal saya.

LARAS Online
Halaman Aspirasi

Maka selanjutnya akan terdapat pesan yang mengatakan bahwa pengaduan telah berhasil dikirim.

LARAS Online
Aspirasi Berhasil Dikirim

Selanjutnya, jika kita memilih tab "PENGADUAN TERKIRIM" dari website tersebut, maka akan terlihat daftar pengaduan yang telah kita kirim. Dibawah ini merupakan pengaduan yang telah berhasil saya kirim.

LARAS Online
Daftar Pengaduan

Langkah selanjutnya adalah menunggu respon. Berdasarkan pengaduan yang telah saya lakukan semenjak hari Selasa, 20 Oktober 2015 hingga saat ini, saya belum juga menerima respon balasan. Dan Jika saya melihat detail pengaduan yang telah saya kirimkan, maka akan terlihat tanggal pengaduan yaitu tanggal 22 Oktober 2015. Mungkin itu merupakan tanggal diprosesnya pengaduan yang telah saya kirimkan.

LARAS Online
Detail Pengaduan

Kiranya kondisi e-government di Indonesia lebih bisa ditingkatkan lagi demi terciptanya peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik terhadap pelayanan publik.

Special thanks to my campus:

Komentar

  1. apakah setelah mas micle melakukan post tersebut langsung di respon oleh pihak admin web tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum menerima respon hingga saat ini. Harapan saya yaitu kiranya website LARAS Online bisa lebih memaksimalkan kinerjanya dalam menjangkau masyarakat Kabupaten Bogor. Terima kasih :)

      Hapus
  2. apakah anda pernah mencoba situs semacam ini dikota lain? apakah berfungsi lebih baik dibanding dengan situs laras ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya belum pernah mencoba untuk menggunakan situs website G2C yang lainnya. Selama ini yang baru saya coba gunakan adalah website LARAS Online. Terima kasih. :)

      Hapus
  3. Terima kasih mas atas tutorialnya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. terima kasih untuk alur dan cara menyampaikan aspirasi masyarakat bogor namun disini masih kurang jelas untuk pertanyaan yang disampaikan/aspirasi yang saudara sampaikan ke pengaduan dan apakah respon dari laras itu sendiri? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa yang saya sampaikan diatas sudah cukup jelas mengenai aspirasi yang saya kirimkan. Aspirasi yang saya kirimkan yaitu pengaduan mengenai kerusakan jalan di sekitar tempat tinggal saya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat screenshot pengaduan yang telah saya lampirkan di atas. Dan untuk respon dari pihak LARAS sendiri, saya sudah menjelaskan juga di atas bahwa saya belum juga mendapatkan respon balasan hingga saat artikel saya tersebut di posting maupun hingga saat ini. Terima kasih :)

      Hapus
  5. sangat bermanfaat postingannya gan ...

    BalasHapus
  6. Saya mau bertanya, apakah bisa melakukan pengaduan di LARAS Pemkab Bogor meskipun orang yang melakukan pengaduan bukan berada di daerah kabupaten?Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di walaupun bukan orang Bogor tetep bisa buat pengaduan, asalkan yang diadukan masih ada kaitannya dengan Pemkab Bogor

      Hapus
    2. Tentu saja bisa. Seperti yang dikatakan oleh saudara Dwi Cahyono, yaitu selama yang diadukan masih ada kaitannya dengan Pemkab Bogor, maka anda bisa mengirimkan aspirasi saudara. Terima kasih :)

      Hapus
  7. menurut anda, apa kekurangan dari sistem informasi LARAS ? kenapa banyak orang yang belum menggunakan bahkan belum mengetahui adanya layanan aspirasi seperti ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, website LARAS Online sudah cukup baik untuk menampung dan menindak lanjuti aspirasi dari masyarakat Kabupaten Bogor. Hanya saja masih kurang maksimal dalam menanggapi atau memberikan respon kepada masyarakat yang telah mengirimkan aspirasinya. Seperti halnya dalam kasus pengaduan yang telah saya kirimkan, saya belum juga menerima respon balasan hingga saat ini. Mengenai banyaknya masyarakat yang belum menggunakan bahkan mengetahui website ini, itu bisa saja dikarenakan oleh sosialisasinya yang masih kurang dari pihak Pemkab. Terima kasih :)

      Hapus
  8. Selamat Siang saudara michael, menurut anda bagaimana penerapan e-government yang baik untuk pemerintahan indonesia khususnya bogor? dan terkait masalah penggunaan LARAS sendiri, apakah tindak lanjut oleh pemerintah dalam hal merespon tanggapan anda telah di berikan?

    BalasHapus
  9. Ulasan yang sangat menarik sekali , semoga e-government pemkab Bogor semakin maju dan dapat menampung aspirasi warganya

    BalasHapus

Posting Komentar