Pengertian E-Business


Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dalam bidang bisnis. Kegiatan tersebut bisa kita lakukan dengan bantuan media internet sehingga dapat memberikan beberapa kelebihan yang pastinya menguntungkan untuk kita. Salah satunya yaitu e-business.

E-busniss yang merupakan kependekan dari electronic business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis menggunakan sistem informasi komputer. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal maupun eksternal secraa lebih efisien dan fleksibel.

Adapun e-commerce yang merupakan bagian dari e-busniss yaitu kegiatan yang berkaitan dengan  proses pertukaran barang maupun jasa yang memanfaatkan media internet sebagai pendukung proses komunikasi dan transaksi. Terdapat juga yang disebut market space yaitu tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli untuk melakukan proses bisnis yang ada. Di sana, siapa saja boleh melakukan proses bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa dikarenakan sifatnya yang terbuka. Beberapa dibawah ini merupakan contoh website yang menerapkan e-commerce, yaitu:
Sementara itu, e-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik, manajemen rantai suplai, pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. Selain itu, e-business memungkinkan untuk melakukan pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik melalui web, internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

Meskipun begitu, e-business memiliki sistem keamanan yang lebih beresiko dibandingkan bisnis tradisional. Salah satunya yaitu hacker, yang merupakan salah satu ancraman besar bagi keamanan e-business. Oleh karena itu, ada beberapa metode untuk melindungi keamanan e-business tersebut yaitu:
  • Menjaga keamanan fisik serta penyimpanan data
  • Transmisi data
  • Anti-virus
  • Firewall
  • Enkripsi
Dengan demikian, e-business diharapkan dapat memberikan keuntungan yang maksimal baik kepada calon penjual, calon pembeli, maupun perusahaan yang berkaitan dalam proses bisnis tersebut.

Komentar

  1. ulasan yang sangat baik , mungkin anda bisa menambahkan e-commerce yg lainnya karna saat ini bukan hanya e-business yang sedang berkembang di era global

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat sederhana dan cukup bagus,disarankan buat deksripsi dari contoh e-commerce ya..terima kasih !!

    BalasHapus
  3. nice info gan... (h)
    visit back : accelerated-codes.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Artikelnya bagus, lebih bagus kalo topiknya spesifik ya Cmiiw.
    Visit : arifwidiyatmiko.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas artikelnya yang memberikan pengetahuan baru
    Namun seperti kata saudara arif bahwa lebih baik di spesifik topiknya

    Jangan lupa visit my blog

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bermanfaat. menurut anda apakah ada kelemahan yang dimiliki dari e-business ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja ada kelemahannya, misalnya dari segi keamanannya yang masih kurang terjamin dikarenakan mengingat sifatnya yang melibatkan akses jaringan seperti internet. Hacker merupakan ancaman besar bagi pengguna e-business.

      Hapus
  7. Anda bilang ada lima cara untuk melindungi keamanan e-business ,bisa dijelaskan satu persatu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Meskipun e-business dilakukan secara online, tetapi perlu juga menjaga keamanan fisik seperti gedung tempat server dan komputer yang harus dilindungi.
      - Mentransfer dan menampilkan informasi yang aman harus dijaga seminimal mungkin.
      - Anti-virus diperlukan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer.
      - Firewall diperlukan untuk mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.
      - Enkripsi diperlukan untuk mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Terima kasih infonya, contoh penerapannya banyak sangat membantu :) .
    Kunjungi blog saya juga ya http://rosyansisteminformasi.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Posting Komentar