Teknologi Informasi: Teman atau Musuh?

Teknologi Informasi: Teman atau Musuh?

Sebagian besar dari kita pasti telah mengetahui apa itu teknologi informasi. Teknologi informasi atau yang sering disebut juga “Information Technology” adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia untuk mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi. Informasi ini dapat berupa data, suara, maupun video. Beberapa contoh dari teknologi informasi diantaranya televisi, telepon, ponsel, dan komputer.

Contoh perangkat teknologi informasi
Contoh perangkat teknologi informasi

Teknologi informasi dapat kita ibaratkan sebagai teman karena kegunannya yang dapat membantu kita mengolah ataupun menyebarkan informasi. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari teknologi informasi, diantaranya di bidang pendidikan, industri, internet, dan bisnis. Sebagai contoh di dunia bisnis, bisnis tanpa memanfaatkan teknologi informasi maka bisnis tersebut akan cenderung kendur dan terancam bangkrut. Teknologi informasi juga sangat berdampak besar bagi individu, perusahaan, bahkan negara sekalipun. Oleh karena itu teknologi informasi merupakan sesuatu yang vital untuk kita pergunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Manfaat teknologi informasi bagi pendidikan
Manfaat teknologi informasi bagi pendidikan

Manfaat teknologi informasi di dunia perbisnisan
Manfaat teknologi informasi di dunia perbisnisan

Tetapi bisa juga sebaliknya, teknologi informasi dapat kita ibaratkan sebagai musuh jika kita menyalahgunakannya. Penyalahgunaan teknologi informasi ini bermacam-macam, diantaranya dapat berupa penipuan, pembobolan jaringan, penyadapan, hingga pemanipulasian data. Modus kejahatan seperti ini biasa dikenal dengan istilah “Cyber Crime”. Banyak sekali dampak negatif yang dihasilkan dari kejahatan ini. Hal inilah yang membuat pihak kepolisian turun tangan dan membentuk divisi cyber crime yang bertugas sebagai penegak hukum di dunia maya.

Penyadapan Australia terhadap Indonesia
Penyadapan Australia terhadap Indonesia

Penyalahgunaan teknologi dapat kita cegah melalui beberapa hal. Diantaranya yaitu dengan tetap memperhatikan etika-etika yang telah ada. Hal ini juga perlu mendapat dukungan dari pemerintah untuk dapat mengontrol perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat saat ini. Selain itu, dapat juga dengan cara memberikan pengarahan dan pengajaran kepada masyarakat. Pengarahan dan pengajaran ini bisa dilakukan melalui seminar, workshop, atau bisa juga melalui kegiatan yang lainnya.

Seminar Teknologi Informasi
Seminar Teknologi Informasi

Selain itu, teknologi informasi seharusnya juga dapat kita manfaatkan secara maksimal dengan cara melalui pendidikan yang tepat dan benar. Dengan demikian, semestinya teknologi informasi dapat kita pergunakan dan manfaatkan dengan baik tanpa harus menimbulkan kerugian melainkan keuntungan yang maksimal.

Komentar

  1. Lebih baik qt maksimalkan sisi positif Teknologi Informasi dengan baik. Sisi negatifnya mungkin tak akan bisa hilang dalam 5 tahun ke depan.
    http://www.lingkaranmedia.com tempat Guest Blogger :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob, manfaatkan dan maksimalkan teknologi informasi yang ada dengan baik sehingga sisi negatifnya pun bisa kita hindarkan jika kita memperhatikan etika-etika yang ada :)

      Hapus
  2. harus nya dalam mengantisi pasi hal negatif dalam dunia teknologi informasi memerlukan kesadaran kita juga dalam mengunakan nya
    masalah yang hangat mungkin penyadapan tentang Negara kita oleh Australia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sob, kesadaran merupakan faktor terpenting untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan teknologi informasi. (o)

      Hapus

Posting Komentar