Pentingnya Penerapan Teknologi Pada Industri Film

Pentingnya Penerapan Teknologi Pada Industri Film

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang sangat pesat sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya pada industri film. Banyak sekali teknologi yang digunakan untuk membuat dan memproduksi suatu film. Mengapa demikian? Karena tanpa adanya pemanfaatan dan penggunaan teknologi dalam proses pembuatan film, maka sudah bisa dipastikan bahwa film tersebut akan cenderung monoton dan membosankan.

Teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam pembuatan suatu film untuk melakukan berbagai hal, antara lain:
  • Memberikan efek-efek tertentu seperti efek 3D,
  • Membuat animasi,
  • Mengedit video / film.
Selain untuk ketiga hal di atas, masih banyak pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan untuk pembuatan suatu film. Hal ini bertujuan supaya film tersebut dapat terlihat seperti film yang diinginkan pembuat atau bisa juga ditujukan agar film tersebut tampak seperti kejadian yang sesungguhnya dan tampak nyata. Hal ini juga bertujuan supaya orang yang menonton film tersebut tidak merasa bosan melainkan terkesan.

Efek 3D
Efek 3D

Sebagai generasi muda, kita diharapkan untuk memiliki kemampuan tersebut. Mengapa demikian? Karena selain untuk mencegah ketertinggalan, kita juga harus bisa kreatif dan inovatif sehingga tidak hanya sekedar menonton film saja, melainkan bisa juga untuk membuatnya. Tetapi untuk membuat suatu film yang berkualitas bukanlah sesuatu hal yang mudah. Mengapa demikian? Karena selain diperlukan ketekunan dan niat dari diri kita, kita juga diharapkan untuk mempunyai kemampuan seperti mengedit video, membuat animasi, dan juga kemampuan yang lainnya. Tentu hal ini akan terasa mudah jika kita mau mengikuti program kursus yang berkualitas.

Semua efek yang ada di dunia akting, animasi, dan adegan film direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasi yang ada juga dikembangkan dan dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh yaitu pada film Transformer, semua efek mengaggumkan dalam film itu dibuat dengan teknologi computer generated imagery (CGI). CGI merupakan penerapan grafis 3D komputer untuk efek khusus dalam suatu film. Perangkat lunak tersebut dapat membuat dan menciptakan gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang dikehendaki.

Komentar