E-Learning Untuk Guru dan Siswa

E-Learning

Di era globalisasi saat ini, teknologi informasi berkembang sangat pesat sehingga dapat digunakan untuk membantu kegiatan dan pekerjaan manusia. Salah satunya pada bidang pendidikan. Pendidikan menggunakan penerapan teknologi informasi agar dapat memaksimalkan metode pembelajaran yang telah ada. Contohnya adalah e-learning. E-learning adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan berbagai cara untuk mendukung dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Huruf “e” pada e-learning berasal dari kata electronic. Jadi, secara umum e-learning dapat diartikan sebagai metode pembelajaran dengan menggunakan media elektronik. Dalam aplikasinya, metode pembelajaran e-learning dapat berupa media offline dan online.


E-Learning
Kelebihan pembelajaran e-learning

Ada berbagai macam teknologi informasi yang digunakan pada e-learning, mulai dari aplikasi di komputer seperti Microsoft power point dan perangkat keras seperti proyektor yang digunakan untuk media presentasi, materi multimedia seperti gambar, foto, dan animasi, hingga world wide web yang digunakan untuk media e-learning secara online di internet.

E-learning sangatlah penting dalam sebuah pembelajaran. Selain mencegah ketertinggalan di era globalisasi ini, metode e-learning juga dapat meningkatkan kualitas belajar melalui beberapa manfaat seperti:
  • Menyediakan akses terhadap sumber data yang tidak bisa diakses dengan cara melalui gambar, foto, animasi, dan video,
  •  Mendukung terjalinnya komunikasi yang baik dan intens antara guru dengan siswa,
  •  Menyediakan lingkungan belajar yang terfokus pada siswa,
  • Memungkinkan adanya interaksi yang lebih baik antara guru dengan siswa.
Dengan demikian, guru dapat memaksimalkan potensi mengajarnya dengan metode e-learning. Selain itu guru juga dapat membuat suatu komunitas atau forum diskusi di internet yang bertujuan untuk dapat belajar dan berkomunikasi di luar jam sekolah. Sehingga dengan begitu, guru dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran mereka.

E-Learning
Seting pembelajaran e-learning

Seiiring berjalannya waktu, e-learning cenderung banyak digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran alternatif di berbagi lembaga pendidikan. Penggunaan e-learning di sekolah tidak lagi terbatas pada suatu mata pelajaran tertentu saja seperti mata pelajaran TIK, melainkan juga pada mata pelajaran yang lainnya. Sebagai contoh di perguruan tinggi. Banyak sekali perguruan tinggi yang sudah menerapkan pembelajaran dengan e-learning. Salah satu contohnya yaitu di Institut Pertanian Bogor dimana tempat saya menuntut ilmu. Di sana, saya menggunakan metode pembelajaran e-learning tidak hanya terfokus pada satu mata kuliah saja, melainkan semua mata kuliah yang ada. Hal ini bertujuan agar dapat memudahkan dan meningkatkan fleksibelitas dan kualitas pembelajaran.

E-Learning IPB
Contoh e-learning berbasis web

Penerapan e-learning yang efektif dapat membantu siswa untuk memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Oleh karena itu peran guru sangatlah penting untuk memaksimalkan pembelajaran melalui e-learning. Proses pembelajaran e-learning akan lebih berhasil jika guru dapat memenuhi hal-hal berikut:
  • Dapat mengatur sesi / waktu belajar yang baik,
  • Dapat membuat konsep yang baik terhadap topik yang dibahas,
  • Memiliki keterampilan mengajar dan dapat mengelola pembelajaran dengan baik,
  • Berempati terhadap siswa.
Selain itu, untuk memaksimalkan proses pembelajaran, setiap guru harus membekali diri dengan keterampilan menggunakan teknologi informasi dan pengetahuan terkait teknologi yang ada dengan baik. Dengan demikian, seharusnya e-learning merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk kita gunakan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Komentar

  1. tekhnologi dalam pendidikan
    kalo di liat" dari hari ke hari semakin menjamur pesat di Indonesia
    itu menunjukan bahwa masyarakat indonesia saat ini tidak kalah pengetahuan dengan negara-negara lain
    saya memberi apresiasi untuk hal ini (Y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sob, antusias masyarakat Indonesia untuk belajar memang sangat besar. Oleh karena itu perlu adanya pemanfaatan teknologi informasi agar bisa memaksimalkan dan meningkatkan kualitas belajar kita, salah satunya dengan metode pembelajaran e-learning. :)

      Hapus
  2. bagaimana kalo untuk daerah pedalaman yang belum ngerti teknologi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini juga perlu adanya dukungan dari pemerintah untuk bisa menjangkau masyarakat pedalaman agar mereka juga bisa semakin meningkatkan dan memaksimalkan kualitas belajar mereka menjadi lebih baik lagi. :)

      Hapus

Posting Komentar