Jenis-Jenis Website dan Kegunannya

Jenis-Jenis Website dan Kegunannya

Di era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi berkembang sangat pesat karena kegunaannya yang bermanfaat untuk dapat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah internet. Dengan adanya internet, kita dapat mengakses dan mengetahui berbagai macam informasi di dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja. Pada umumnya, internet banyak digunakan untuk mengakses suatu website. Website adalah sejumlah halaman web yang biasanya  memiliki topik yang saling terkait. Informasi yang ada didalam website dapat berupa tulisan, gambar, video, dan lain-lain. Dengan demikian, website merupakan unsur terpenting di dalam dunia internet.

Ada banyak sekali jenis-jenis website yang dapat kita akses di internet. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  • We blog (blog) : Website pribadi yang biasanya digunakan untuk memperkenalkan diri, mempublikasikan kreatifitas, dan catatannya.
  • Portal : Website yang dibuat untuk menjangkau masyarakat luas melalui penyampaian berita pada website tersebut. Biasanya website ini ditujukan untuk suatu komunitas.
  • Forum : Website yang menyediakan fitur diskusi atau tanya jawab.
  • Pedia : Website yang dibuat dengan bantuan CMS Wiki. Website ini bisa berupa ensiklopedia online.
  • E-Journal : Website yang mempublikasikan karya ilmiah seperti jurnal, tesis, dan disertasi.
  • E-Commerce / E-shop : Website yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara online.
  • Surel (E-mail Service) : Website yang menyediakan layanan e-mail atau surat elektronik.
  • Jejaring Sosial (Social Network) : Website yang bertujuan untuk pembuatan jaringan sosial atau hubungan sosial pada masyarakat luas.
  • Mesin Pencari (Search Engine) : Website yang membantu kita untuk menemukan informasi yang kita butuhkan.
Selain jenis-jenis website diatas, masih banyak jenis-jenis website yang dapat kita akses di internet. Dengan demikian, kita dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan berbagai informasi secara instan.

Jenis-Jenis Website dan Kegunannya
Jenis-Jenis Website

Sebagai generasi muda, kita diharapkan untuk kreatif dan dianjurkan untuk membuat website sendiri daripada hanya sekedar mengakses website yang sudah ada. Mengapa demikian? Selain untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan kita, banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan dari sebuah website. Selain dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan produk kita, website juga dapat menghasilkan keuntungan secara materi yaitu menghasilkan pendapatan tersendiri untuk kita. Keuntungan tersebut dapat kita dapatkan dari sejumlah iklan yang kita letakkan pada website kita. Di bawah ini merupakan beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan dari membuat website, seperti:
  1. Mempromosikan keberadaan instansi,
  2. Membangun citra diri dan instansi kepada masyarakat luas,
  3. Menyampaikan informasi dan beriklan 24 jam sehari tanpa henti,
  4. Akses tanpa batas sehingga dapat menerima orderan kapanpun,
  5. Mempermudah untuk mendapatkan tanggapan kritik dan saran dari masyarakat luas.
Selain keuntungan-keuntungan di atas, masih banyak berbagai keuntungan yang akan kita dapatkan dari membuat website.

Lalu bagaimana caranya membuat website, anda dapat menemukannya disini. Dengan demikian, kita semua diharapkan untuk dapat kreatif dan inovatif untuk dapat membuat website sehingga dapat mencegah ketertinggalan di era globalisasi yang berkembang sangat pesat ini.

Komentar